15 Misteri Hutan Kalimantan, dari Manusia Berekor hingga Padang Pasir Kersik Luway

by;yennynew – Hutan Kalimantan adalah sebuah hutan yang masih perawan di Pulau Borneo. Asri dan sungguh liar. Hampir tak terjamah manusia, kecuali oleh penduduk lokal. Kalimantan memiliki beberapa suku penduduk lokal asli, antara lain: suku dayak, kutai, dan banjar. Dari ke-semua suku itu, yang paling terkenal dan dianggap menguasai adalah suku dayak. Mungkin karena suku ini memang menyebar secara merata di seluruh wilayah kalimantan. Misteri Hutan Kalimantan tak bisa lepas dari campur-tangan suku-suku yang mendiami wilayah itu karena mayoritas suku memang tinggal di pedalaman hutan yang terisolir dari masyarakat modern.
Berdasarkan penuturan banyak orang bahwa pulau Kalimantan ini sangat berbeda dengan pulau lainnya di Indonesia. Sensasi mistis lebih terasa di sana. Bagaimana tidak? Kalimantan kan memang baru-baru ini saja ramai menjadi sebuah pulau yang kaya dengan aktivitas industri dan  perekonomian di bidang pertambangan mineral dan perkebunan sawit.
misteri hutan kalimantan, orang boentoet, kanibalisme suku dayak tring
Sedangkan semenjak zaman dulu, pulau ini masih terpencil. Bahkan sebenarnya di era modern seperti sekarang saja, infrastruktur di sana masih minim. Apalagi di bidang transportasi publik. Kereta pun tak ada di sana. Dan inilah yang justru menambah semakin semaraknya misteri Kalimantan. Nah, terkait dengan hutannya yang masih perawan itu, apa sajakah sebenarnya misteri hutan kalimantan? Mari simak berbagai kisah misteri hutan kalimantan alias belantara borneo, di bawah ini:
Daftar Isi [Sembunyikan]

1. Misteri Ras Manusia Berekor atau Orang Boentoet di Pedalaman Hutan Kalimantan

Misteri Hutan Kalimantan pertama. Di pedalaman hutan kalimantan diyakini ada ras manusia berekor. Suatu makhluk mirip manusia yang punya ekor. Mereka memiliki ciri fisik agak lebih pendek dari manusia umumnya dan di pantat alias area tulang ekornya ada ekor, macam monyet saja. Masyarakat suku dayak menyebut ras manusia berekor ini sebagai “orang boentoet”

2. Misteri Kanibalisme Suku Dayak Tring Penghuni Hutan Kalimantan

Misteri Hutan Kalimantan ke-2. Suku dayak tring adalah salah satu sub suku dayak. Mereka memiliki tradisi yang sangat menyeramkan yaitu kanibalisme. Tahukah anda apa itu kanibalisme? Yaitu perilaku sadis manusia membunuh manusia untuk dimakan daging tubuhnya. Tapi memakan bangkai manusia pun bisa dibilang kanibal. Nah, suku dayak tring ini punya kebiasaan menyeramkan membunuh manusia untuk dimakan. Kata mereka, telapak tangan, lutut, dan otak manusia sangat lezat.

3. Misteri Siluman Mariaban di Hutan Kalimantan

Misteri Hutan Kalimantan ke-3. Siluman mariaban juga amat terkenal sebagai unsur misteri hutan kalimantan. Wujudnya macam genderowo, seperti perpaduan antara manusia dan kera berbulu. Mereka sangat gemar menculik manusia untuk dimakan darahnya. Siluman Mariaban menghuni pedalaman hutan kalimantan, namun kadang mereka merapat ke pemukiman warga tuk cari mangsa.

4. Misteri Kek Tung Harimau Penjaga Pohon Hutan

Misteri Hutan Kalimantan ke-4. Kek Tung adalah harimau misterius yang dipercaya menghuni pohon-pohon besar di kalimantan. Dinamakan Kek Tuang karena suka berbunyi tuang tuang tuang.

5. Misteri Bukit Soeharto di Kalimantan

Misteri Hutan Kalimantan ke-5. Bukit Soeharto adalah sebuah bukit yang sangat angker di kalimantan timur. Terletak di jalan raya balikpapan-samarinda. Pada awalnya bukit ini biasa saja. Namun pada saat terjadi Romusha atau kerja paksa pembangunan jalan Balikpapan-Samarinda, banyak para pekerjanya yang mati. Rohnya gentayangan di bukit Soeharto. Dan kerap meneror manusia hingga kini.

6. Misteri Kijang Emas di Hutan Kalimantan Selatan

Misteri Hutan Kalimantan ke-6. Kalimantan Selatan sedang heboh dengan penampakkan kijang emas. Ya, rusa bertanduk yang sebenarnya wajar-wajar saja karena merupakan spesies yang sudah mendapatkan label nama secara scientifik. Kijang emas ini memiliki nama ilmiah Muntiacus Atherodes.

7. Misteri Naga Raksasa di Hutan Kalimantan

Misteri Hutan Kalimantan ke-7. Adalah naga raksasa. Sebuah binatang aneh berbadan besar sebesar drum minyak yang gemar memangsa manuia. Naga ini hidup di tengah belantara kalimantan dan biasanya jika sedang kalap akan memakan manusia. Namun ini hanya legenda saja, sedangkan para ahli berpikir sebenarnya bukan naga, melainkan Phyton Borneo alias ular sanca kalimantan belaka.

8. Misteri Kerajaan Gaib “Paloh” di Hutan Kalimantan

Misteri Hutan Kalimantan ke-8. Di kalimantan barat santer mitos tentang kerajaan gaib bernama kerajaan paloh. Yang dipimpin oleh seorang pangeran bernama pangeran brewok paloh atau pangeran sandi. Negeri Paloh ini juga dikenal dengan nama Surya Paloh, tempat di mana memiliki keindahan alam yang eksotis namun sarat unsur mistis. Banyak orang datang ke sana berharap untuk berjumpa dengan siluman penguasa paloh yang akan memberinya pelet dan pengasihan supaya menang Pilkada atau kompetisi lainnya.

9. Misteri Padang Pasir Kersik Luway di Hutan Kalimantan

Misteri Hutan Kalimantan ke-9. Siapa sangka di balik rimbunnya hutan tropis kalimantan ternyata ada padang pasirnya seluas 500-an hektar. Padang pasir Kersik Luway nan misterius dan cantik ini terletak di Taman Anggrek Kersik Luway, Kabupaten Seqolak, Kutai Barat, Kalimantan Timur.

10. Misteri Hantu Belau di Hutan Kalimantan

Misteri Hutan Kalimantan yang terakhir adalah di hutan kalimantan timur, masyarakatnya percaya dan meyakini ada sosok hantu yang suka menyesatkan. Tubuhnya kerdil, sering membuat manusia jadi tersesat kalau jalan-jalan di hutan sendirian. Hantu kerdil ini dinamai hantu belau.

Wah, sungguh banyak sekali memang cerita misteri dari hutan Kalimantan. Maklum saja, sebagai pulau terbesar ketiga di dunia, kalimantan memang memiliki cukup banyak wilayah untuk didiami bangsa jin. Maka tak heran bila jadi angker. Nah, di bawah  masih ada lagi loh misteri hutan kalimantan yang lainnya.

No comments:

Post a Comment